Satgasus Korupsi Akan Diujicoba Tangani Korupsi APBD DKI


Rapat evaluasi APBD DKI Jakarta (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

KPK, Polri, dan Kejaksaan membentuk tim untuk menangani kasus tersebut
Kasus dugaan korupsi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta akan menjadi kasus pertama yang akan ditangani oleh Satuan Tugas Khusus gabungan Kejaksaan Agung, Polri, dan KPK jika telah terbentuk nantinya.
"Ide untuk membuat satuan tugas bersama ini akan langsung diuji cobakan dalam kasus dugaan korupsi APBD DKI," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Tony Spontana saat ditemui di Gedung Kejaksaan Agung Jalan Sultan Hasanudin, Jakarta Selatan, Selasa 5 Mei 2015.

Tony menambahkan, dalam menangani suatu kasus, masing-masing instansi dari KPK, Kejaksaan maupun Polri akan mengirimkan tim masing-masing dan bergabung menjadi tim bersama untuk menangani kasus tersebut.  Ketika kasus selesai, maka tim tersebut dapat dibubarkan. Bersifat sekali pakai dan dibentuk lagi bila ada kasus lain.
"Jadi tidak akan mengganggu ritme proses penegakan hukum yang dilakukan masing-masing instansi," ujar Tony.

Dengan pembentukan satgas ini, ketiga lembaga penegak hukum ini juga ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa ketiganya dalam situasi harmonis dan akan terus bersinergi untuk menangani setiap perkara korupsi sampai tuntas.
"Jadi kasus besar yang masif baik dari segi pelakunya maupun jumlah kerugian negaranya, kita keroyok," ujar Tony.

Selanjutnya, Kejaksaan Agung bersama KPK dan Polri akan terus mengadakan pertemuan dengan lebih intens untuk segera mempersiapkan teknis pembentukan satgas serta fokus kepada penanganan kasus-kasus korupsi.
Kerjasama ini tidak hanya berlaku di pusat, namun juga akan memberikan dampak bagi kerjasama ketiga lembaga penegak hukum di daera-daerah seluruh Indonesia.
"Nanti efeknya itu akan sampai ke daerah," kata Tony.( Eko Priliawito, Feri Simanungkalit)

SUMBER: VIVA.co.id
Bagikan berita :

Posting Komentar

 
Supported by : Creating Website | MENOREH . Net - Media Partner
Copyright © 2013. Gading - All Rights Reserved
Created by News BUANA.Com
KONTAK REDAKSI