Tempat Wisata Spektakuler di Kota Solo

Menjelajahi setiap sudut kota Solo memberi kesan kuat akan nuansa sejarah dan budaya yang masih dipegang erat setiap element masyarakat hingga sekarang. Selain Jogja, keaneragaman tradisi Jawa di Solo menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Keramahan dan kesantunan masyarakatnya, membuat setiap orang yang pernah berkunjung ke sana tidak merasa ilfil ataupun kecewa. Apalagi disuguhkan berbagai tempat wisata yang bertemakan histori. Keberadaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di jantung kota Solo menjadi bukti budaya Jawa Kuno yang masih hidup di jaman modern ini.

Semakin berkembangnya jaman, pertumbuhan ekonomi di kota Solo semakin baik karena sistem pembangunan yang maju, tentunya tanpa melupakan sisi sejarah. Yang membuat kota ini terkenal adalah Batik. Kerajinan ini bahkan menembus pangsa pasar mancanegara dan di akui oleh dunia. Selebihnya, terdapat beberapa tempat wisata di kota Solo yang dapat sobat kunjungi dan menarik tentunya.

Tempat Wisata di Kota Solo
 Berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib sobat kunjungi jika singgah ke kota Batik ini. Beberapa diantaranya adalah tempat menarik untuk mencicipi kuliner khas Solo juga tempat berbelanja yang asyik, cekidot!

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Asal mulanya, bangunan ini didirikan oleh Sunan Pakubuwono II pada tahun 1744. Jika sobat mengunjungi tempat ini, wajib menjaga bicara dan sikap. Di Keraton ini, sobat dapat menemukan menara yang bernama Panggung Sanggabuwana. Menara ini sangat bersejarah, konon ditempat itulah Susunanan bersemedi dan bertemu Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Laut Selatan.

Sobat juga wajib mengenakan kain bawaan selama mengelilingi tempat paling bersejarah di kota Solo ini. Harga tiket masuk terbilang cukup murah, yakni cuma Rp 4.000,- perorangnya. Jika sobat membawa kamera, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.000,-.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat buka setiap hari kecuali jum'at. Hari senin sampai kamis buka jam 08.30 - 14.00 WIB, sedangkan hari minggu jam 08.30 - 13.00 WIB.

2. Pasar Klewer Solo
 
 Bila berkunjung ke Solo jangan lupa mampir ke Pasar Klewer. Disini sobat akan menemukan berbagai macam sandang dengan harga yang terjangkau. Sayangnya, beberapa waktu yang lalu Pasar Tradisional ini sempat mengalami insiden kebakaran hebat yang membuat lapak setiap pedangang hangus tak tersisa.

Namun, karena tindakan yang cepat dari pemerintah, lokasi pasar sementara dipindahkan di lapangan dan di selatan lapangan beringin kembar. Selain pakaian, sobat dapat menemukan jajanan khas yang dijual dengan harga terjangkau pula. Tempat oleh-oleh yang sangat menarik jika sobat mengunjungi kota ini.

3. Museum Radya Pustaka Solo
 
Museum ini termasuk cagar budaya dan merupakan salah satu bangunan tertua di kota Solo. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa Museum Radya Pustaka merupakan bangunan museum tertua di Indonesia.

Jika sobat ingin mengetahui sejarah dan riwayat kota Solo dari dulu hingga sekarang, disinilah tempatnya. Salah satu benda peninggalan paling bersejarah bagi masyarakat kota Solo adalah Porselen, yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwono IV.

Selain itu, terdapat beberapa benda bersejarah lain yang menarik tentunnya. Tempat sejarah ini pertama kali didirikan pada 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Adipati Sosroningrat IV, pepatih dalem pada masa pemerintahan Pakoe Boewono IX dan Pakoe Boewono X. Museum ini buka setiap hari Selasa sampai Minggu jam 08.30 - 13.00 WIB.

4. Museum Batik Danar Hadi Solo
 
Salah satu produsen Batik terkenal di Solo adalah Danar Hadi. Didalamnya, sobat dapat menemui berbagai macam batik, mulai dari motif, corak, hingga jenis kain dan jenis batik menurut cara pembuatannya.

Menariknya, di museum ini terdapat kurang lebih 10.000 helai kain batik. Saking itunya, Museum Batik Danar Hadi Solo tercetak pada buku MURI ( Museum Rekor Indonesia ) sebagai museum dengan koleksi kain batik terbanyak. Sungguh kebanggaan berarti bagi seluruh masyarakat di Kota Solo.

5. Ngarsopuro Solo
 
Ngarsopuro adalah kawasan pedestrian yang ditata secara artistik dan sungguh nyaman sebagai tempat nongkrong bagi kawula muda. Ngarsopuro terletak di Jl. Diponegoro, tepat berada di depan (bagian selatan) Pura Mangkunegaran.

Tempat wisata ini buka mulai dari sore hingga malam hari. Apalagi setiap malam minggu, tempat ini sangat ramai dikunjungi terutama kaum muda. Disini, sobat dapat pula berbelanja souvernir, lukisan, hingga kerajinan dan kuliner khas Solo lainnya, dinamakan Ngarsopuro Night Market. Terdapat pula hiburan live musik, untuk menemani malam-malam sobat di kota ini.

Tidak ada biaya khusus untuk memasuki tempat ini, cuma menyuguhkan sedikit recehan untuk membayar biaya parkir kendaraan sobat. Kunjungi tempat ini sobat, dan dapatkan pengalaman menarik dan tak terlupakan,

6. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo
 
Taman hiburan ini terletak disebelah barat Museum Radya Pustaka Surakarta. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa cocok berlibur disini. Inilah tempat hiburan rakyatnya kota Solo. Didalamnya, terdapat berbagai macam wahanan permainan yang bisa dinikmasi sobat bersama keluarga.

Kebersamaan keluarga akan semakin terasa dengan adanya hiburan live musik yang biasanya diputar setiap malam minggu dan minggu. Selebihnya, didekat tempat hiburan ini terdapat gedung pertunjukan wayang orang yang bisa dinikmati sebagai bahan sejarah yang bisa kita nikmati pada jaman ini.

Disekitarnya juga terdapat warung makan yang bisa sobat nikmati bersama keluarga. Selain khas Solo, harganya yang murah menjadi daya tarik tersediri. Didepan dekat jalan raya, terdapat panggung hiburan dengan area Free Wifi yang menjadi tempat kumpulnya warga Solo.(***)

(Sumber)
Bagikan berita :

Posting Komentar

 
Supported by : Creating Website | MENOREH . Net - Media Partner
Copyright © 2013. Gading - All Rights Reserved
Created by News BUANA.Com
KONTAK REDAKSI