Cukupkah Resepsi Pernikahan Bermodal Rp30 Juta?


Cukupkah resepsi pernikahan bermodal Rp30 juta? (Foto: Okezone)

Pertanyaan:
Saya akan menikah tiga bulan lagi. Saya memiliki budget Rp30 juta. Rencananya resepsi akan dilaksanakan di rumah saja. Tapi saya agak bingung karena kemungkinan undangan yang dibuat sangat banyak sekitar 1.000. Bisa tidak ya dengan budget sebesar Rp30 juta?
Mohon bantuannya.
Ana Ulmiyatunnisa

Jawaban :
Apa kabar Mbak Ana?
Selamat ya atas rencana Anda untuk mengakhiri masa lajang dalam waktu dekat, semoga semuanya berjalan lancar sesuai yang diharapkan Memang pernikahan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh kedua calon mempelai maupun keluarga dari masing-masing pihak, sehingga semua ingin acaranya berlangsung meriah.

Meskipun begitu, besar-kecilnya pesta yang dilaksanakan tentunya tergantung dari budget yang dimiliki. Umumnya di Indonesia, pihak keluarga perempuan yang mengadakan acara sehingga sedikit banyak merekalah yang harus mengeluarkan biaya yang lebih dibanding pihak keluarga laki-laki.

Dalam menghitung biaya, banyak hal yang harus diperhatikan. Buatlah daftar keperluan mulai dari yang paling penting sampai yang tidak terlalu penting.

Anda harus berani memutuskan untuk menghapus dari daftar jika memang hal tersebut tidak terlalu penting sedangkan budget yang ada tidak mencukupi. Hal tersebut juga berlaku untuk daftar undangan. Mana yang wajib diundang dan mana yang tidak terlalu dikenal sehingga bias dikeluarkan dari daftar.

Sebagai patokan tamu yang hadir, jumlah undangan di kali dua, sehingga jika Anda mengirim 1.000 undangan maka harus disediakan katering sebanyak 2.000 porsi. Pertimbangan lainnya, mengingat acara akan diselenggarakan di rumah, apakah ruangan yang ada bisa menampung sekian banyak tamu?

Memang sulit memutuskan hal ini, akan tetapi tentunya Anda tidak ingin selesai acara malahan terlilit utang. Jangan terlalu mengharapkan pengeluaran akan tertutupi oleh “amplop” yang diterima nanti.

Berikut daftar kebutuhan pernikahan yang bias dijadikan acuan :
-        Sewa tempat (mengingat acara di rumah, bias diabaikan)
-        Dekorasi rumah, pelaminan
-        Katering
-        Make up dan rias pengantin (termasuk keluarga dan penerima tamu)
-        Pakaian (pengantin, orang tua, saudara kandung, penerima tamu)
-        Bunga dan kue pengantin
-        Dokumentasi (foto dan Video)
-        Hiburan
-        Souvenir
-        Undangan (cetak)
-        Biaya penghulu dan catatan sipil
-        Lain-lain (cincin, kotak amplop, buku tamu, tempat souvenir, dll)
Semoga sukses.

Sari Insaniwati, CFP
Bagikan berita :

Posting Komentar

 
Supported by : Creating Website | MENOREH . Net - Media Partner
Copyright © 2013. Gading - All Rights Reserved
Created by News BUANA.Com
KONTAK REDAKSI